ACARA MITONI / SELAMATAN HAMIL 7 BULANAN

hai sobat blogger, ini kali pertama posting setelah ribuan tahun blog ini aktif. maaf jika ada banyak kekurangan dari segi manapun karena memang saya pribadi gak ada bakat tulis menulis, cuma ingin sharing saja prosesi acara mitoni sederhana yang saya lakukan kemarin.

mitoni adalah prosesi syukuran atas kandungan yg telah mencapai 7bulan. mitoni sendiri sih kayanya udah jadi hal yang lumrah dilakuin di masyarakat jawa ya, umumnya dilakukan oleh ibu hamil yg tengah mengandung anak pertama, mungkin anak kedua ketiga syukurannya cuma biasa aja ya gak seribet mitoni yg buat anak pertama.

nah hal pertama yang dilakuin sih, ngundang dukun bayi atau paraji yg suka mijet* dede bayi gitu ya. nah syarat* kemarin yang diajuin sama dukunnya sih
1. jatuh pada hari jumat pahing / jumat legi
2. biasanya ritual diadain jumat sore atau sabtu pagi
3. siapkan bunga tabur dan segenggam uang receh untuk siraman
4. gayung yg terbuat dari batok kelapa
5. 7 piring tanah liat yg diisi nasi gudangan ini nanti dibagikan kepada 7 orang yg mandiin ibu hamil.
6. telur jawa dan ayam jawa jantan (opsional tergantung dukun bayinya minta atau tidak)
7. boji (boji ini daging cuma sedikit ya gengs buat syarat aja katanya, jadi isinya kepala, kaki/ceker, jeroan, usus. bisa ayam, sapi, kambing. )
8. jajanan pasar diatas tampah atau piring anyaman bambu.
9. tumpeng dengan lauk gudangan juga diatas tampah.
10. bubur baning. rujak buah. rujak degan.
11. jarik sejumlah 7 buah.
12. sapu lidi

nah prosesinya seperti ini gays. dukun akan menyiapkan bak mandi berisi air. bunga tabur dan uang receh dimasukan ke ember. dukun akan meminta bumil + 6 orang lainnya baris mengikuti dukun yg pura* menyapu menggunakan sapu lidi. sebagai tanda membersihkan jalan lahir semoga dimudahkan proses melahirkan kelak.

dukun akan menyiram ibu hamil sebanyak 3 gayung, dilanjutkan 6 orang lainnya hingga selesai.

ibu hamil akan berganti jarik sebanyak 7x. orang* akan ditanya "patut tidak?", pada jarik 1-6 jawab "tidak cocok", nah jarik ke 7 baru para penonton harus bilang "cocok". kurang tau artinya apa mungkin melambangkan usia 7bulan ya hehe.

nah setelah acara tsb sampailah kepenghujung acara, ibu hamil yg sudah selesai melakukan ritual berjualan kepada orang*, nah para pembeli membayar dengan pecahan genting.

sekian cerita dari saya, kurang lebihnya mohon maklum ya :D byeee...

0 komentar:

Posting Komentar


up